Sabtu, 15 Oktober 2011

Periode Klasik dalam Sejarah Peradaban Islam

Merupakan awal pembabakan peradaban Islam. Periode ini dimulai ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diangkat menjadi rasul. Dalam periode ini terdapat tiga fase penting, yaitu :
  1. Fase penciptaan komunitas baru sbg hasil transformasi nilai-nilai Islam yg semula berbentuk kesukuan menjadi masyarakat bercorak Islam.Dalam fase ini embrio format negara Islam berkembang sejak Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam hijrah dari Mekkah ke Madinah. Pada masa ini terjadi byk pengembangan sekaligus perubahan baik dalam bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi dan terutama bidang politik. Pada masa ini pula embrio kegemilangan ilmu pengetahuan dan sastra Islam yg terinspirasi dari Al Qur’an serta seni arsitektur muncul, seperti adanya ijtihad hukum syariah pada masa Umar dan pembukuan Al Qur’an pada masa Utsman yg bersamaan dgn munculnya ilmu-ilmu kebahasaan dan bacaan al qur’an.
  2. Fase dimana nilai-nilai Islam dijadikan sbg dasar istitusi kenegaraan dan elit perkotaan.Dalam fase ini, nilai-nilai islam mengandung ajaran utama sbg syariah yg yang berperan untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yg sesuai dgn nilai-nilai dan ajaran dalam Islam
  3. Fase ini yaitu peranan masyarakat Islam dalam mengubah mayoritas masyarakat Timur Tengah menjadi komunitas yg kokoh berlandaskan monotheistik.
Ciri yg paling menonjol di dalam fase ketiga ini adalah terjadinya ekspansi kekuasaan Bani Umayyah yg meliputi Spanyol, Afrika Utara, Timur Tengah sampai ke perbatasan Tiongkok. Dalam catatan sejarah, keberhasilan ini melebihi kekuasaan yg dicapai Romawi pada masa kejayaannya.
Sejarah perkembangan Islam, termasuk di dalamnya norma, doktrin, dan peradaban masyarakatnya, sesungguhnya tdk berkembang mandiri, linier, dan normatif melainkan berliku-liku dan tdk lepas dari kondisi sosial politik yg mengitarinya. Oleh karena itu pembahasan terhadap Islam tdk dapat dilepaskan dari konteks ini. Berikut adalah realitas dinamika-dinamika perkembangan Islam :
  1. Masa Khulafah Ar Rasyidin
  2. Masa Pemerintahan Bani Umayyah
  3. Masa Pemerintahan Bani Abbas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar